Rabu, 11 November 2015

PUSANTREN SAINS DI MUALLIMIN

00.40

Share it Please

TRENSAINS, CIPTAKAN PESANTREN KEKINIAN


Dengan diadakannya Program Trensains, almamater tercinta kita selangkah lebih maju nih sob. Pasti masih bingungkan Trensains itu apa? Gini sob, jadi Trensains itu singkatan “Pesantren Sains”. Pada dasarnya, program ini ingin mengharmoniskan ilmu pengetahuan (sains) dengan Al-Quran. Gitu sob. Udah paham kan?
Pada hari Senin (21/9) lalu, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan launching Program Trensains (Pesantren Sains) & stadium general di gedung aula muallimin. Acara yang dihelat bersamaan dengan pelantikan PR IPM Mu’allimin ini dihadiri oleh Badan Pembina Madrasah Mu’allimin, Direksi Mu’allimin, Direktur Mu’allimaat, Ustadz  Dr. Haedar Nashir selaku ketua umum PP Muhammadiyah, dan Ustadz Agus Purwanto D.Sc selaku konsultan ahli dan pengembang program trensains. Acara ini berlangsung pagi hari dari jam 9 - 12.
Trensains mengambil kekhususan pada pemahaman Al-Qur’an, Al-Hadits, ilmu kealaman (Natural Science) dan interaksinya. Hubungan dan interaksi antara agama dan sains merupakan materi khas Trensains yang tidak ada di pesantren modern. Kemampuan dalam berbahasa Arab dan Inggris adalah merupakan prasyarat dasar bagi peserta Trensains. Selain itu juga peserta dituntut untuk memiliki kemampuan nalar matematik dan filsafat yang memadai. Harapan proyeksi kedepan bagi para alumni trensains adalah ilmuwan sains kealaman, teknologi, dan dokter yang memiliki basis Al-Qur’an yang kokoh. Program ini terinspirasi oleh dua hal. Pertama, adalah untuk memaksimalkan potensi kemampuan berbahasa inggris dan arab pada santri yang sejak kelas 1 hingga 3 MTs telah mengikuti program bilingual. Kedua, adalah sebagai ciri khas jurusan untuk memaksimalkan program jurusan IPA di Madrasah Mu’allimin sendiri.
"Program ini monumental dan saya yakin mampu mewarnai perjalanan Mu'allimin dan Persyarikatan Muhammadiyah ke depan. Kami mengapresiasi tinggi dan memberikan penghargaan atas program ini. Semoga saja adanya program ini juga makin membuat Muhammadiyah tangguh, seperti dalam hal tarjih yang selama ini diketahui." tutur Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr H Haedar Nashir dalam Launching Program Trensains di Aula Madrasah Mu'allimin Yogyakarta, Senin (21/09).
Model kegiatannya adalah mengedepankan pemahaman ayat-ayat kauniyah yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits dengan semangat integrasi dan islamisasi ilmu pengetahuan melalui beberapa materi dan kegiatan pembelajaran khusus. Targetnya adalah untuk mengantarkan santri trensains masuk ke Universitas negeri favorit dan mencetak santri yang  memiliki basis al-Qur’an, As-Sunnah serta filsafat yang kokoh dalam berbagai bidang ilmu sains dan kealaman.
Sebagai sekolah kader Persyarikatan Muhammadiyah, Mu'allimin dituntut untuk selalu siap mencetak anak didiknya sebagai pemimpin masa depan, baik bagi bangsa, negara maupun Persyarikatan Muhammadiyah. Oleh karena itu seiring waktu, Madrasah Mu'allimin juga harus meningkatkan kualitas sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Ya semoga saja tujuan diadakannya terobosan baru ini bisa tercapai sob. Sehingga Mu’allimin, Muhammadiyah, dan umat Islam tentunya dapat kembali mengangkat kejayaannya yang banyak melahirkan ilmuwan terkenal di masanya. Amin. –MuhIlhamGandi.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya